KOMPONEN MESIN

 Macam - macam komponen mesin mobil 


1. Kepala Silinder


Kepala silinder atau cylinder head merupakan komponen utama pada sebuah mesin kendaraan. Komponen ini  terletak pada blok silinder di bagian atas yang akan langsung Anda temukan saat membuka kap mobil.

Kepala silinder memiliki fungsi yang cukup penting, mulai dari perannya sebagai ruang pembakaran, saluran intake dan exhaust, lokasi mekanisme katup, sirkulasi oli, water jacket hingga tempat pemasangan busi.

Secara umum, kepala silinder terbuat dari bahan campuran antara besi tuang dan aluminium ringan. Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan mendinginkan yang baik dan lebih aman dari risiko pemuaian.

Ada tiga jenis atau model kepala silinder yang biasa digunakan pada mobil, di antaranya adalah wedge atau segitiga siku-siku, pentroof atau segitiga sama kaki dan hemispheric atau parabola. Dalam kepala silinder juga terdapat mekanisme valve train yang berfungsi untuk mengatur posisi valve agar membuka dan menutup.


kepala silinder juga berfungsi sebagai tempat sirkulasi air pendingin. Air berfungsi mendinginkan suhu mesin yang meningkat saat beroperasi tersebut akan mengalir melalui water jacket yang terpasang di kepala silinder.




2. Komponen Mesin Mobil Piston


Piston juga menjadi salah satu komponen mesin mobil yang memiliki peran sangat penting. Komponen ini memiliki berbagai fungsi vital pada mesin kendaraan seperti menghisap udara masuk ke dalam silinder, menciptakan kompresi, mengubah energi panas menjadi energi mekanis serta mendorong gas sisa pembakaran keluar.

Piston umumnya terbuat dari material yang kuat karena harus bekerja dengan kecepatan yang maksimal. Bagian kepala piston berbentuk datar, akan tetapi ada juga beberapa yang berbentuk cembung. 

Piston sering disebut sebagai jantung mesin karena cara kerjanya berhubungan langsung dengan proses pembakaran. Dalam menjalankan tugasnya, piston memiliki Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB). Komponen ini juga didukung beberapa komponen lain dalam menjalankan tugasnya di antaranya seperti ring piston dan batang piston.



Fungsi piston di antaranya mengatur volume silinder, menghisap udara ke dalam silinder, mengompres campuran udara dan bahan bakar, mengubah daya ekspansi pembakaran menjadi energi mekanik, serta mendorong gas sisa pembakaran keluar.



3. Crankshaft atau Poros Engkol


Crankshaft atau poros engkol merupakan salah satu komponen engine yang berfungsi untuk mengubah piston yang bergerak lurus naik turun menjadi gerakan yang memutar. Putaran tersebut kemudian diteruskan ke transmisi sehingga mobil dapat bergerak maju atau mundur.

Dalam menjalankan tugasnya, poros engkol terdiri dari lima bagian, yaitu crank pin journal, main journal, crank pin oil hole, counter weight, dan crank arm. Komponen ini terletak di bagian bawah mesin dan menyatu dengan blok mesin.



Sebagai alat pemacu gerakan mesin kendaraan roda empat fungsi poros engkol yang pertama adalah sebagai poros gerakan, seperti namanya. Kruk menjadi poros sama halnya bertindak sebagai tumpuan utama dari mesin pembakaran inersial yang paling krusial.


4. Komponen Mesin Transmisi


Transmisi merupakan komponen mesin kendaraan yang berfungsi untuk mengatur torsi dan tenaga yang dibutuhkan oleh kendaraan. Ada tiga jenis transmisi yang biasa digunakan pada mobil di Indonesia, diantaranya adalah transmisi manual dimana pengemudi harus memilih gir sendiri, transmisi otomatis konvensional dengan torque converter, dan otomatis CVT yang menggunakan puli serta sabuk baja.



5. Busi

Komponen mesin mobil yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi OtoFriends. Busi memiliki fungsi untuk memercikan bunga api saat pembakaran dalam ruang bakar mesin mobil.



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama